Sabtu, 25 April 2015

KARYA ORIGINAL THINK CEMERLANG BY WIDYA RISMAWATI

THINK CEMERLANG
Bagaimana sahabat judul diatas ? apa kalian sedang berfikir kenapa sih penulis mengangkat judul tersebut ? apa nih maksudnya ? hmm yuk kita kupas J .
Berfikir dalam kamus bahasa Indonesia adalah “.menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu; menimbang-nimbang dalam ingatan. kalau dalam kamus bahasa inggris “THINK”, kalau bahasa arab “اعتقد”, kalau bahasa jerman “denken”, kalau bahasa indianya (urdu) “لگتا ہے”, terus kalau bahasa koreanya “생각”. Hehehe ambil dikit dari google translate, apa temen-temen tahu cara bacanya ? eemm nanti les aja ya ke tempatnya penulis :D. Temen-temen banyak tanya sih ! gpp ini adalah salah satu tanda bahwa kalian berfikir yaitu menampilkan rasa ingin tahu kalian. Cemerlang artinya adalah “cerdas”. jadi berfikir cemerlang adalah “menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu secara cerdas dan berorientasi ke masa depan.”.
Sahabat, setiap orang didunia ini tidak lepas dari berfikir, kecuali orang-orang gila. Pada saat berfikir akal hanya akan menjangkau tentang alam semesta, manusia dan hidup. Dalam Proses berfikir membutuhkan suatu objek, indra, otak lalu informasi yang terdahulu. Contohnya : ketika kita melihat handphone misalnya maka kita bisa menyebut itu handphone karena ada objeknya yaitu Handphone itu sendiri, lalu indra yaitu mata kita merekam objek tersebut, lalu otak membaca benda tersebut sebagai Handphone, ketika otak menyampaikan informasi tersebut pada mulut kita maka yang terucap adalah Handphone. Lalu bagaimana otak tahu kalau itu adalah handphone? Hal ini karena ada informasi terdahulu, mungkin teman-teman pernah mendengar dari ayah atau ibu, mungkin dari buku atau dari informasi-informasi lain. Ketika melihat benda yang belum diketahui maka otak juga tidak bisa menginformasikan, mungkin nanti yang keluar dari mulut teman-teman adalah “benda apa sih ni ?”. terus kalian mencari tahu entah dari internet atau dari orang lain dan akhirnya tahu nama benda tersebut.
 Sahabat, ketika kita ingin bangkit dan barubah maka pertama yang kita membutuhkan suatu perubahan yang mendasar dan menyeluruh dari pemikiran kita lalu selanjutnya adalah action dari pemikiran tersebut. contohnya : kita mengamati matahari dan bintang-bintang bergerak dari timur ke barat. Bulan muncul dengan wajah berbeda-beda dan tampak bergerak dari timur ke barat. Sementara itu bumi diam tidak bergerak. Maka timbullah suatu pemikiran kalau begitu bumi adalah pusat tata surya (sistem geosentris). Dari sini banyak orang yang berfikir iya kah ?? apakah benar ??. lalu muncullah ilmuan-ilmuan yang menyatakan bahwa teori diatas salah, yang benar adalah pusat tata surya adalah matahari. Bahwa semua planet dan satelit mengelilingi matahari dengan garis edar mereka masing-masing (sistem heliosentris) dan akhirnya teori ini tetap dipercaya sampai sekarang. Dari contoh diatas, awal dari pemikiran adalah sebuah pengamatan terhadap alam semesta melalui indra yaitu mata, lalu ilmuan melakukan action dengan penelitian-penelitian lebih lanjut sehingga muncullah sesuatu yang baru dari penelitian dan pemikiran baru mereka tersebut. perlu diinformasikan pada para penumpang kereta api bahwa matahari, bulan memiliki garis edar sendiri-sendiri sudah ada dalam al quran yang artinya “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”(Al-Anbiya' : 33). wow subhanallah banget.
Contoh diatas sama juga dengan kehidupan kita sehari-hari yang ingin melakukan suatu perubahan atau evaluasi dalam hidup agar hidup ini menjadi lebih beruntung dari hari-hari sebelumnya. Kita harus berfikir tentang perubahan yang ingin dilakukan lalu melakukan action untuk mewujudkannya.
Dalam Al quran yang artinya “sesunggunya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada dalam diri mereka” (TQS. AR-RAD :11)
Yuk lakukan perubahan menjadi yang lebih baik !!!! cemungut ea !!

G double O D J O B , good job, good job !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar